Cari Blog Ini

Rabu, 01 Juli 2020

Benarkah Ngebut Solusinya...?

Pada malam ini materi disampaikan oleh Bapak M. Firman Suarya, M.Kom, seorang guru indormatika di SMPN Unggulan Sindang Indramayu. Materi yang beliau sampaikan sangat enak dan mudah dipahami. Penjelasannya pendek dan ringan sehingga rasanya mau dilahap semuanya. 

Pada resume ini sebenarnya saya ingin membuktikan tentang freewritting yang disampaikan pak Firman. Jadi, usai kuliah ditutup saya langsung buka blog dan mulai menulis. Saya akan menulis tentang ide dan akan memcoba "ngebut" seperti yang disampaikan pak Firman yang sudah ngebut duluan dari saya. 

Pak Firman mengungkap satu demi satu kendala dalam menulis dan semuanya itu memang saya temukan. Biasanya menulis terlebih dahulu mempertimbangkan waktu luang, sudah bekerja atau malam atau juga pagi usai shalat subuh. Tapi, ini pangkal masalahnya saat memulai ide tadi tiba-tiba hilang, gak tau kemana hanyutnya. Alhasil, waktu luang berlalu saja, usai magrib lewat sampai besoknya gak nulis-nulis. 

Jadi nampaknya biar nulisnya jadi dan idenya gak hilang ya ..kita mesti luangkan wakti menulis, paling kurang menuangkan ide pokok saja dan membuat kerangkanya saja. Setidaknya ini pasti dapat menolong bertahannya ide di memori kita. Tidak lama, paling kurang 10 menit sampai 15 menit

Namun dari pengalaman saya pribadi ide itu muncul tatkala saya sedang berkebun. Saat itu muncul banyak ide-ide. Apalagi saya seorang guru di madrasah, terbayang madrasah plus persoalannya...kemudian muncul ide...sampai dirumah hilang deh..

Hal lain yang mempengaruhi adalah perasaan tidak "PD" alias tidak percaya diri. Takut ini, takut itulah, kurang bagus, ditertawakan, masih kurang, tidak menarik...masih banyak lainnya. Padahal orang akan tahu juga kalau kita ini penulis pemula. Hanya saja perasaan kita kelebihan, jadinya ya...gak jadi-jadi tu tulisan. 

Rumus yang ditawarkan pak Firman adalah "Ngebut". Bahaya ini, apalagi pengendaranya baru pegang stankmotor atau setir mobil, bisa jatuh korban jiwa ni...

Tapi jangan kawatir, ini kan tulis menulis bisa editing. Tapi kalau benaran dijalan raya ngebut, ya masuk RS atau nginap dihotel prodeo. Gak mau kan? Jadi ngebut dalam menulis bisa cepat sampai tujuan, kita fokus kedepan, gak tengok kiri apalagi kanan. Bayangkan bawa motor seperti Rossi, dijamin cepat sampai alamat. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar