Cari Blog Ini

Jumat, 05 Juni 2020

Catatan Tentang Tulisan Prof. Dr. Duski Samad, MA: The Rise Of Masjid

Judul yang jadi pembahasan  pada catatan ini adalah tulisan Prof.Dr. Duski Samad, MA, pada Rabu/07 Mai 2020 kemarin. Bahasa kitanya adalah bangkitnya masjid. Menurut beliau kebangkitan masjid bermula ketika pengurus dan jama’ah kembali memfungsikan masjid dalam segala aspek kehidupan umat, maksudnya bukan hanya persoalan ibadah mahdhah namun dapat merambah ke ibadah ghairu mahdhah. Kabangkitan umat islam bermula dari bangkitnya masjid-masjid.

Masa pandemi yang sudah berlangsung tiga bulan telah membuat masjid fakum dari segala fungsinya terhadap umat. Menurut beliau ini adalah suatu hal yang mengkawatirkan maka pengurus dan jamaah perlu memikirkan bagaimana masjid survive dalam melayani umat. Sederhana saja, bila sandel jamaah hilang maka pengurus wajib menggantinya dengan sandel dengan harga dan merk yang sama.

Oleh sebab itu perngurus perlu membuat suatu sistem pelayanan yang baik sehingga kekawatiran jama’ah terhadap bahaya yang dapat mengancam seperti wabah Covid-19 ini. Pengurus mesti berfikir keras bagaimana masjid dapat dikunjungi lagi untuk ibadah dan jama’ah merasa aman.

Terlalu lama masjid kosong dikawatirkan masjid dilupakan oleh umat. Semua orang melaksanakan kegiatan ibadah dirumah. Sementara rumah belum tentu mampu menyediakan kebutuhan batin umat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar